CLOCK

FlashVortex

Minggu, 06 November 2011

Keajaiban Kerja Jantung

Jantung kita besarnya hanya sekepalan tangan, tetapi jantung merupakan bagian tubuh yang paling aktif dan tidak pernah berhenti bekerja sekalipun kita tertidur. Kalau jantung berhenti berdenyut, berakhirlah hidup kita. Jantung sebenarnya adalah kantung berdenyut yang terbuat dari otot yang sangat kuat, yang disebut otot jantung atau miokardia. Otot-otot ini tidak pernah lelah dan berkontraksi setiap detik sekali atau lebih sering, selama kita hidup. Kontraksi atau denyut jantung tersebut menekan darah dalam jantung untuk keluar memasuki arteri. Ketika mengendur, jantung terisi lagi dengan darah dari vena.
Jantung ternyata bukan hanya terdiri dari satu pompa, melainkan dua pompa yang berdampingan. Pompa sebelah kiri mengeluarkan darah ke seluruh tubuh dan membawa oksigen serta sari-sari makanan untuk disebarkan ke seluruh sel kita. Setelah sampai di bagian tubuh kita paling ujung, darah kembali ke pompa sebelah kanan dan di kirim ke paru-paru untuk mengumpulkan oksigen yang lebih banyak. Kemudian, darah kembali ke pompa sebelah kiri dan di pompa keluar dari jantung. Demikianlah proses ini terus berulang. Dalam satu hari, jantung memompa darah sebanyak 15.000 liter.
Jantung kita berdenyut dengan kecepatan yang berbeda-beda, tergantung apa yang sedang dilakukan tubuh. Ketika sedang aktif, otot-otot membutuhkan energi dan oksigen yang lebih banyak. Sebab itu, jantung berdenyut lebih cepat, 120 kali atau lebih setiap menit. Ketika sedang berisitirahat, jantung kembali melambat dan berdenyut 60 sampai 80 kali per menit. Pada saat seseorang ketakutan atau stres, jantung berdenyut lebih cepat dari biasanya. Rata-rata sepanjang hidupnya, jantung manusia berdetak sebanyak 3 milyar kali tanpa berhenti. Mesin manakah yang lebih canggih daripada jantung manusia?
Kita sudah menerima anugrah Yang Maha Kuasa yang luar biasa, sekarang, tugas kita adalah merawatnya dengan baik agar jantung bisa berfungsi dengan baik dan normal selama mungkin. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk merawat jantung dan organ tubuh lainnya. Pertama, makan makanan yang lengkap gizinya, yaitu “empat sehat lima sempurna”. Kalau dari makanan sehari-hari tidak cukup, kita perlu mengonsumsi suplemen. Kedua, lakukan olahraga yang teratur dan terukur. Olahraga membuat peredaran lancar, memperbesar volume paru-paru, membentuk otot dan tulang serta mengurangi stres. Ketiga, rekreasi. Ada waktu untuk bekerja, ada waktu untuk santai dan berisitirahat. Rekreasi akan membantu kita mengurangi kejenuhan, mengendorkan tensi, dan mengembalikan semangat kerja. Keempat, istirahat yang cukup. Seperti mesin apapun, tubuh kita juga perlu istirahat dan diservis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar