CLOCK

FlashVortex

Jumat, 16 November 2012

Cara membuat tahu dengan mudah

Cara membuat tahu – Tahu adalah makanan populer di indonesia dan sebagian besar negara di asia. Selain itu tahu juga terkenal karena ini menjadi pilihan para vegetarian untuk mendapat asupan protein pengganti daging. Tahu adalah hasil olahan dari kacang kedelai yang di bentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan ekstur yang empuk.
Nah, buat anda yang ingin mempelajari cara membuat tahu, entah itu karena ingin mencoba membuka usaha atau hanya sekedar mencoba saja, dibawah ini adalah metode sederhana yang bisa di ikuti untuk membuat tahu.
pembuatan tahu

Cara membuat tahu

Bahan :

2 KG kedelai, 1ml asam cuka putih atau bisa juga menggunakan batu tahu (Kalsium Sulfat atau CaSO4), dan air secukupnya.

Alat pembuatan tahu :

Kain pengaduk
Cetakan
Keranjang
Rak bambu
Tungku atau kompor
Alat penghancur (alu)
Ember besar
Tampah (nyiru)
Kain Saring atau kain blancu

Langkah langkah pembuatan tahu :

1. Plih kedelai yang bersih dan besar ukurannya, kemudian cuci sampai bersih.
2. Rendam kedelai dalam air bersih selama 8 jam, Usahakan seluruh kedelai tenggelam. Dalam proses perendaman ini kedelai akan mengembang.
3. Bersihkan kembali kedelai dengan cara dicuci berkali kali. Usahakan kedelai ini sebersih mungkin untuk menghindari kedelai cepat masam.
4. Hancurkan kedelai dengan cara ditumbuk dan secara perlahan tambahkan air sedikit-demi sedikit sehingga kedelainya berbentuk bubur.
5. Masak bubur kedelai dengan hati-hati pada suhu 70-80 derajat (biasanya ditandai dengan gelembung kecil yang muncul pada kedelai yang dimasak). Ingat untuk menjaga agar kedelai jangan sampai mengental.
6. Saring bubur kedelai tersebut bersama batu tahu atau asam cukup, sambil diaduk secara perlahan. Proses ini akan menghasilkan endapan tahu (gumpalan).
7. Endapan itu kemudian siap untuk di press dan di cetak sesuai ukuran dan keinginan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar